Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB, Para Pemimpin ASEAN Bahas Masalah Birma di Hanoi


Pertemuan para pemimpin ASEAN dalam KTT ASEAN di Hanoi, Vietnam.

Pertemuan para pemimpin ASEAN dalam KTT ASEAN di Hanoi, Vietnam.

Ban Ki-moon mengatakan kepada wartawan di Hanoi bahwa tidaklah terlambat untuk melakukan transisi yang demokratis di Birma,

Para pemimpin ASEAN, yang mengadakan pertemuan puncak di ibukota Vietnam, bertemu dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon hari ini untuk membicarakan Birma dan pemilu yang akan segera diadakan.

Ban Ki-moon meminta kepada Birma agar membebaskan para tahanan politik sebelum pemilu pertama negara itu dalam 20 tahun. Ban mengatakan kepada wartawan di Hanoi, bahwa tidaklah terlambat untuk melakukan transisi yang demokratis dan layak dipercaya di Birma, yang berencana akan mengadakan pemilu yang kontroversial tanggal 7 November mendatang.

Menteri Luar Negeri Birma Nyan Win mencoba menepiskan kecaman mengenai pemilu tersebut dengan mengatakan kepada para menteri luar negeri di kawasan itu pekan ini bahwa pemenang hadiah Nobel Aung San Suu Kyi mungkin akan dibebaskan segera setelah pemilu itu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Philip Crowley menanggapi dengan menuduh rezim militer Birma ingin memanipulasi pemilu itu.

Sebelum pertemuan dengan pimpinan PBB itu, para pemimpin ASEAN mengadakan pertemuan bilateral terpisah dengan para kepala negara dari Jepang dan Korea Selatan. Pemimpin Tiongkok dan ASEAN yang beranggotakan 10 negara itu, juga akan mengadakan pertemuan bilateral dan akan menanda-tangani persetujuan ekonomi.

Setelah itu para pemimpin ASEAN akan bertemu dengan ke-3 pemimpin Asia Timur. Menteri Luar negeri Amerika Hillary Clinton akan tiba di Hanoi Jumat malam dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung.

XS
SM
MD
LG