Tautan-tautan Akses

Pemimpin Al-Qaida Desak Rakyat Pakistan Memberontak


Dalam pesan video melalui internet, pemimpin Al-Qaida, Ayman al-Zawahiri mendesak rakyat Pakistan memberontak (16/3).

Dalam pesan video melalui internet, pemimpin Al-Qaida, Ayman al-Zawahiri mendesak rakyat Pakistan memberontak (16/3).

Pemimpin Al-Qaida, Ayman al-Zawahiri mendesak rakyat Pakistan agar mengikuti contoh Muslim di Mesir dan Tunisia dan memberontak.

Seruan angkat senjata itu disampaikan dalam video 10 menit yang dipasang di internet hari Jumat dan dikaji oleh perusahaan kontra-terorisme IntelCenter. Di dalamnya, pemimpin al-Qaida Ayman al-Zawahiri mengajak rakyat Pakistan agar "bangkit untuk menghadapi pemerintah yang makan uang suap dan jenderal pengkhianat."

Kepada Muslim Pakistan, Zawahiri mengatakan pemerintah Pakistan "menumpahkan darah umat Islam di Afghanistan dan Pakistan untuk mengisi kantong para pemimpin" dan "tidak akan bertarung demi membela kalian."

Ia juga mengatakan al-Qaida tidak akan membebaskan Warren Weinstein yang diculiknya sampai tuntutannya dipenuhi. Weinstein adalah warga Amerika pakar pembangunan yang bermukim di Pakistan.

IntelCenter mengatakan pesan dalam video itu tampaknya dibuat bulan Februari.

Al-Qaida juga merilis video bulan lalu, menyuarakan dukungan bagi pemberontakan terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad. Di dalamnya, Zawahiri menyerukan umat Islam dari negara-negara tetangga agar membantu pemberontak anti-pemerintah Suriah.

XS
SM
MD
LG