Tautan-tautan Akses

Pemimpin G7 Kecam Potensi Keluarnya Inggris dari Uni Eropa dalam Pernyataan Penutup


Presiden Obama dan para pemimpin negara peserta KTT G7 berfoto bersama di Shima, Jepang (27/5).

Presiden Obama dan para pemimpin negara peserta KTT G7 berfoto bersama di Shima, Jepang (27/5).

Masalah itu tidak ada dalam agenda formal acara tersebut, namun para pejabat Inggris beranggapan hal tersebut akan menjadi topik pembicaraan di antara para pemimpin kelompok tujuh negara ini.

Jika rakyat Inggris memilih untuk keluar dari Uni Eropa dalam referendum bulan depan, ini bisa berdampak buruk pada perekonomian global, kata para pemimpin G7 Jumat dalam deklarasi akhir setelah pertemuan puncak dua hari di Jepang.

Masalah itu tidak ada dalam agenda formal acara tersebut, namun para pejabat Inggris beranggapan hal tersebut akan menjadi topik pembicaraan di antara para pemimpin Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang dan Inggris, yang membentuk kelompok tujuh negara ini.

Kanselir Jerman Angela Merkel menggemakan sentimen itu setelah pertemuan.

"KTT ini mengirimkan sinyal bahwa kita semua berharap Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa," katanya. "Tapi tentu saja keputusan harus dibuat oleh para pemilih Inggris," tambahnya.

Deklarasi tersebut menyoroti kekhawatiran para pemimpin internasional yang telah mengecam kemungkinan Inggris keluar dari aliansi 28 negara itu dan konsekuensinya bagi pasar dunia. [as/uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG