Tautan-tautan Akses

Pemilu di Ukraina Timur Hanya Mungkin Jika Kedaulatan Pulih


Oksana Syroyid, wakil ketua parlemen Ukraina.

Oksana Syroyid, wakil ketua parlemen Ukraina.

Menurut pandangan pemerintah Ukraina, pemilihan umum dalam keadaaan sekarang akan mengesahkan pihak yang menduduki daerah Ukraina.

Seorang pejabat tinggi Ukraina mengatakan bahwa pemilu di Ukraina timur hanya mungkin setelah kedaulatan Ukraina dipulihkan di daerah itu dan pihak Rusia ditarik di daerah-daerah tersebut.

Seorang wakil ketua parlemen Ukraina, Oksana Syroyid, mengatakan kepada VOA hari Jumat (29/4), bahwa menurut pandangan Ukraina, pemilihan umum dalam keadaaan sekarang akan mengesahkan pihak yang menduduki daerah Ukraina.

Ini akan memberi mereka keabsahan dan membawa mereka ke politik Ukraina, katanya, yang akan menghancurkan negara Ukraina dan kedaulatannya.

Dalam pengertian yang lebih luas, kata Syroyid, penghapusan pendudukan Rusia harus mencakup penghapusan dampak propaganda Rusia, rekonsiliasi semua warga daerah Donbas, Ukraina, dan penarikan semua petugas Rusia dari daerah itu.

Hanya setelah syarat itu dipenuhi, katanya, penyelenggaraan pemilu di daerah pendudukan itu dapat dibahas, dan pemilu harus mencerminkan keabsahan rakyat yang tinggal di sana, termasuk orang yang sekarang mempunyai status pengungsi di dalam negeri.

Ini terjadi karena pada waktu lalu, Rusia memutuskan untuk menyerbu sebagian wilayah negara tetangganya, kata Syroyid. Tidak ada pihak-pihak yang setara dalam proses sekarang. Yang ada adalah satu pihak penyerbu dan agresor, dan pihak lainnya adalah negara korban yaitu Ukraina, tambahnya.

Ukraina dan Barat menuduh Rusia memberi bantuan militer kepada separatis di daerah Donbas, yang telah berkali-kali dibantah oleh Rusia, dengan mengatakan bahwa orang-orang yang berjuang bersama separatis adalah relawan dari Rusia. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG