Tautan-tautan Akses

Pemilu Selesai, Berbagai Kekerasan Terjadi di Ibukota Zambia


Presiden Zambia, Rupiah Banda (tengah) melakukan kampanye terakhir di Lusaka menjelang pemilu (17/9).

Presiden Zambia, Rupiah Banda (tengah) melakukan kampanye terakhir di Lusaka menjelang pemilu (17/9).

Ketua pengamat pemilu Uni Eropa Maria Muniz menggambarkan pemilu itu adil dan transparan dan mengatakan kekerasan bisa diatasi.

Pemungutan suara telah berakhir dalam pemilu di Zambia yang kata pengamat Uni Eropa dilakukan secara benar, meskipun ada beberapa insiden kekerasan di ibukota, Lusaka.

Ketua pengamat pemilu Uni Eropa Maria Muniz menggambarkan pemilu itu adil dan transparan dan mengatakan kekerasan bisa diatasi. Polisi Zambia melaporkan beberapa insiden di ibukota, Lusaka tapi mengatakan ketertiban dengan cepat bisa dipulihkan.

Survei pra pemilu mengatakan persaingan ketat antara Presiden yang sedang menjabat Rupiah Banda dan pemimpin oposisi nasionalis Michael Sata. Hasil awal diharapkan keluar hari Rabu.

Presiden Banda mengkampanyekan pertumbuhan ekonomi yang kuat selama bertahun-tahun di Zambia yang kaya tembaga, yang diuntungkan oleh melonjaknya harga-harga komoditi global.

Front Patriotic, partai asal Sata, menuduh Presiden Banda membiarkan korupsi dan tidak melakukan tindakan memadai supaya lebih banyak warga Zambia bisa menikmati kekayaan cadangan tembaga negara itu.

XS
SM
MD
LG