Tautan-tautan Akses

Pemilu Presiden Kolombia Babak Kedua Berlangsung


Pemilihan Kolombia

Pemilihan Kolombia

​Rakyat Kolombia memberikan suara mereka dalam pemilu presiden babak kedua yang secara tidak langsung merupakan referendum menyangkut perundingan perdamaian dengan para gerilyawan sayap kiri.

Presiden yang berkuasa saat ini, Juan Manuel Santos, hampir mencapai kesepakatan yang akan mengakhiri lima dekade perang melawan Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) .

Saingannya, Oscar Ivan Zuluaga, mempersoalkan lambatnya laju perundingan dengan kelompok pemberontak itu dan menuduh Santos tunduk pada pemberontakan yang sebetulnya hampir padam.

Presiden Santos mengatakan, pilihan rakyat dalam pemilu presiden kali ini adalah antara keinginan untuk mengakhiri perang atau membiarkan perang terus berlanjut.

Dalam pemilu putaran pertama yang mempersaingkan lima kandidat, tiga pekan lalu, Zuluaga, yang mantan menteri keuangan, meraih posisi teratas dengan memenangkan 29 persen suara, sementara Presiden Santos berada tepat di belakangnya dengan 26 persen suara.

Lebih dari 32 juta warga terdaftar untuk memberikan suara. Namun, dengan adanya pertandingan Piala Dunia, di mana Kolombia menang dalam pertandingan pertama, hari Sabtu, melawan Yunani, jumlah pemilih yang hadir di TPS sulit dipastikan.
XS
SM
MD
LG