Tautan-tautan Akses

India Umumkan Tanggal Pelaksanaan Pemilu Parlemen


Ketua Komisi Pemilu India V.S. Sampath (tengah) dalam konferensi pers terkait pengumuman tanggal pelaksanaan pemilu di New Delhi (5/3).

Ketua Komisi Pemilu India V.S. Sampath (tengah) dalam konferensi pers terkait pengumuman tanggal pelaksanaan pemilu di New Delhi (5/3).

Ketua Komisi Pemilu V.S. Sampath mengatakan sebanyak 814 juta orang telah mendaftarkan diri untuk memberikan suara mereka, sehingga menjadikan pemilu itu kemungkinan pemilu terbesar di dunia, Rabu (5/2).

India akan memulai pemilu parlemen multi-tahap pada bulan April, dengan jajak pendapat menunjukkan bahwa blok nasionalis Hindu dapat mengalahkan Partai Kongres yang telah lama berkuasa.

Ketua Komisi Pemilu V.S. Sampath mengatakan, Rabu (5/2), sebanyak 814 juta orang telah mendaftarkan diri untuk memberikan suara mereka, sehingga menjadikan pejuta pemilih telah mendaftar, sehingga menjadikan pemilu ini sebagai pemilu terbesar yang pernah dilangsungkan di dunia. Dalam konferensi pers, VS Sampath menjelaskan proses pemilu multi-tahap itu.

Secara keseluruhan akan diselenggarakan sembilan tahap pemilu, dimana putaran terakhir akan dilangsungkan tanggal 12 Mei. Hasil akhir diperkirakan baru diketahui tanggal 16 mei.

Pemimpin kelompok oposisi Narendra Modi dapat menjadi perdana menteri jika Partai Bharatiya Janata pimpinannya meraih suara terbanyak dalam pemilu, sebagaimana yang diperkirakan beberapa jajak pendapat.

Banyak warga India frustrasi dengan Partai Kongres, sebagian karena melambatnya perekonomian dan serangkaian skandal korupsi.
XS
SM
MD
LG