Tautan-tautan Akses

Pemilu AS Juga akan Tentukan 160 Referendum


Para pemilih dini lakukan pemilihan di Omaha, Nebraska.

Para pemilih dini lakukan pemilihan di Omaha, Nebraska.

Salah satu referendum yang paling terkenal tahun ini adalah referendum di negara bagian Kalifornia untuk melegalisasi penggunaan ganja.

Dalam pemilu hari ini, rakyat Amerika juga memberi suara untuk menentukan puluhan referendum mengenai berbagai topik dari usul melegalisasi ganja hingga pengguguran kandungan.

Rakyat akan menentukan 160 referendum dalam 37 negara bagian. Empat puluh dua dari referendum itu adalah prakarsa warga, mereka mengusulkan undang-undang baru yang tertera dalam kertas suara tahun ini melalui petisi warga.

Salah satu referendum yang paling terkenal tahun ini adalah referendum di negara bagian Kalifornia untuk melegalisasi penggunaan ganja. Kalau lolos, rancangan itu akan mengizinkan siapapun di atas usia 21 tahun untuk memiliki, mengangkut dan menanam sampai 1 ons atau 28 gram ganja. Pol-pol menjelang pemilu menunjukkan referendum itu sedang ketinggalan atau kekurangan pendukung, tetapi hasil terakhir kemungkinan akan hampir berimbang.

Di Arizona dan South Dakota, rakyat akan memutuskan mengenai undang-undang yang melegalisasi penggunaan ganja untuk tujuan perawatan medis.

Apapun hasil referendum ganja itu, ganja masih tetap dilarang berdasarkan undang-undang federal.

Di negara bagian Colorado, rakyat sedang mempertimbangkan usul amandemen yang akan mendefenisikan “person atau orang” sebagai manusia sejak awal perkembangan biologisnya dalam undang-undang yang melindungi hak perorangan di negara bagian itu. Amandemen itu dapat meletakkan dasar untuk melarang aborsi di negara bagian itu.

Arizona, Colorado dan Oklahoma telah mengusulkan amandemen yang bertujuan untuk mencabut satu bagian dalam undang-undang perawatan kesehatan federal yang mengharuskan orang mempunyai asuransi perawatan kesehatan.

XS
SM
MD
LG