Tautan-tautan Akses

Pemilik Tambang Afrika Selatan Sepakati Tuntutan Gaji Serikat Buruh


Para buruh pekerja tambang Lonmin Marikana meluapkan kegembiraan mereka dengan bersorak-sorai dan menari-nari di luar area pertambangan saat diumumkannya kesepakatan kenaikan gaji sebesar 22 persen (18/9).

Para pekerja di pertambangan platina Lonmin, Afrika Selatan, akan memperoleh 22 persen kenaikan gaji serta uang ganti rugi sebesar US$250.

Serikat Buruh yang mewakili para buruh tambang platina Afrika Selatan telah menanda-tangani kesepakatan dengan pemilik pertambangan untuk mengakhiri pemogokan 5-minggu dan kekerasan yang telah menewaskan 45 orang.

Buruh tambang berkumpul di stadion bersorak-sorai dan menari-nari ketika mereka menerima kabar tercapainya kesepakatan Selasa malam. Mereka berencana kembali bekerja hari Kamis.

Para pekerja di pertambangan platina Lonmin akan memperoleh 22 persen kenaikan gaji, kurang dari apa yang semula mereka tuntut, serta satu kali pembayaran tunai sebesar US$250 sebagai ganti rugi pada saat mereka tidak bekerja.

Polisi menembak para penambang yang mogok kerja di luar pertambangan tanggal 16 Agustus. Polisi mengatakan mereka diserang, tetapi penembakan tersebut mengagetkan seluruh negara itu.

Dalam lima minggu ini, pemogokan yang bermula di pertambangan Lonmin menyebar ke pertambangan platina lain dan pertambangan emas dan nikel. Pertambangan adalah industri paling besar Afrika Selatan dan Presiden Jacob Zuma mengatakan pemogokan itu telah merugikan negara ratusan juta dolar.
XS
SM
MD
LG