Tautan-tautan Akses

Pemilihan Presiden Madagaskar Maju ke Putaran Kedua


Presiden Madagaskar Andry Rajoelina memberikan suaranya di Ambatobe, dekat Antananarivo, Madagascar (25/10/2013).

Presiden Madagaskar Andry Rajoelina memberikan suaranya di Ambatobe, dekat Antananarivo, Madagascar (25/10/2013).

Pemilihan presiden Madagaskar berlanjut ke putaran kedua, karena tak satupun kandidat yang mendapat suara mayoritas dalam putaran pertama.

Komisi pemilu hari Jumat mengatakan bahwa dua kandidat utama, Jean Louis Robinson dan Hery Rajaonarimampianina, akan bersaing dalam putaran kedua, tanggal 20 Desember.

Pemungutan suara itu akan menjadi kontes antara kedua kandidat yang didukung faksi-faksi yang bersaingan di Madagaskar yaitu mantan presiden Marc Ravalomanana dan orang yang menyingkirkannya, Andry Rajoelina.

Meski putaran pertama pemilu bulan lalu berlangsung damai, analis memperingatkan kemungkinan bentrokan partisan, dan kedutaan Amerika telah berulang kali mendesak warga Amerika agar menghindari aksi-aksi unjukrasa dan protes-protes terkait Pemilu.

Pemilu itu bertujuan mengakhiri empat tahun kebuntuan politik di Madagaskar, sejak Rajoelina merebut kekuasaan dengan bantuan militer tahun 2009. Putusnya bantuan asing menjerumuskan negara itu ke dalam krisis ekonomi yang telah meningkatkan kemiskinan yang memang sudah tinggi.

Calon Ravalomanana, Robinson, mendapat jumlah suara tertinggi dalam putaran pertama dengan 21 persen. Sekutu Rajoelina memenangkan sekitar 16 persen. Sisa suara terbagi di antara 31 kandidat lain.
XS
SM
MD
LG