Tautan-tautan Akses

Pemilihan Presiden Lithuania Maju ke Babak Kedua


Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite memasukkan surat suaranya di sebuah TPS dalam Pilpres putaran pertama di Vilnius, Lithuania (11/5).

Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite memasukkan surat suaranya di sebuah TPS dalam Pilpres putaran pertama di Vilnius, Lithuania (11/5).

Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite mendominasi pemilihan babak pertama hari Minggu dalam pemilihan presiden yang ke-6 negara Baltik itu, tetapi gagal memperoleh 50 persen suara yang dibutuhkan untuk menang langsung.

Komisi Pemilu Lithuania mengatakan Grybauskaite, seorang mantan komisaris anggaran Uni Eropa, memperoleh kira-kira 45 persen suara dalam pemilihan itu dengan 95 persen kertas-suara telah dihitung.

Hasil sementara tersebut menyatakan bahwa Grybauskaite akan berhadapan dengan Zigmantas Balcytis dari partai Sosial Demokrat yang berhaluan kiri moderat, dalam pemilihan babak kedua tanggal 25 Mei. Pemilihan itu diadakan di Lithuania di saat Rusia tengah mengambil-alih semenanjung Krimea Ukraina.

Lithuania dikuasai Rusia pada masa Perang Dingin. Presiden Grybauskaite telah menyambut baik kehadiran pasukan NATO di Lithuania sejak pergolakan di Ukraina.

Pemimpin berusia 58 tahun itu adalah seorang atlet karate sabuk hitam dan berjanji pada waktu berkampanye pekan lalu bahwa dia tidak akan melarikan diri dalam menghadapi agresi Rusia, dengan mengatakan “saya akan turut memanggul senjata untuk membela negara kalau itulah yang dibutuhkan untuk keamanan nasional.
XS
SM
MD
LG