Tautan-tautan Akses

Pemilih di Swiss Tolak Tunjangan Dasar bagi Semua


Warga memberikan suara dalam referendum di kota Bern, Swiss hari Minggu (5/6).

Warga memberikan suara dalam referendum di kota Bern, Swiss hari Minggu (5/6).

Lebih dari tiga perempat pemilih di Swiss menolak tunjangan dasar bulanan yang sama bagi seluruh warga dalam referendum hari Minggu (5/6).

Jawaban atas pertanyaan, “Haruskah warga Swiss menerima tunjangan dasar yang sama atau UBI setiap bulan?”, adalah “tidak”.

Lebih dari tiga perempat pemilih di Swiss menolak tunjangan dasar bulanan yang sama bagi seluruh warga, apakah mereka bekerja atau tidak. Swiss adalah negara pertama yang melangsungkan referendum tentang isu semacam itu.

Meskipun referendum hari Minggu (5/6) tidak menyebut secara rinci, sejumlah pakar memperkirakan tunjangan dasar itu berjumlah sekitar US$2.500 untuk setiap orang dewasa dan $640 untuk setiap anak.

Warga asing yang telah menjadi penduduk tetap selama sedikitnya lima tahun, demikian pula seluruh warga Swiss, akan memenuhi syarat untuk menerima tunjangan itu. Tapi yang berpendapatan lebih dari $2.500 per bulan tidak akan menerima UBI.

Menurut data pemerintah, tingkat pengangguran di Swiss sekitar 3,5 persen, dan kurang dari 7 persen penduduk hidup dalam kemiskinan tahun 2014. [em/ii]

XS
SM
MD
LG