Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintahan Trump Akan Batalkan Aturan Soal Efisiensi Mesin Mobil


Kepala Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) AS, Scott Pruitt, di Washington (21/2).

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan membatalkan peraturan federal yang mengharuskan perusahaan pembuat mobil menciptakan mesin yang lebih efisien.

Pihak perusahaan terus mendesak pemerintah untuk menghapuskan keputusan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) yang mengharuskan efisiensi mobil-mobil baru mencapai 15 kilometer per liter bensin.

Industri mobil mengatakan, peraturan yang dibuat oleh pemerintahan mantan presiden Barack Obama itu akan menambah mahal harga-harga mobil baru dengan beberapa ribu dolar, dan menghilangkan lebih dari sejuta lapangan kerja karena berkurangnya permintaan akan mobil-mobil baru.

Kelompok Partai Demokrat dalam Senat mendesak Kepala EPA, Scott Pruitt, untuk tetap mempertahankan peraturan itu dan para pendukung lingkungan bertekad akan menentang tiap perintah pembatalannya di pengadilan.

“Donald Trump sedang melancarkan perang melawan lingkungan dan ia menginginkan kepala EPA Pruitt membatalkan standar efisiensi mobil yang baru itu," kata Senator Edward Markey kepada wartawan. [isa]

XS
SM
MD
LG