Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintahan Obama Umumkan $20 Juta untuk Kamera Tubuh Polisi


Contoh kamera yang dikenakan di badan oleh kepolisian Los Angeles, Amerika Serikat.

Contoh kamera yang dikenakan di badan oleh kepolisian Los Angeles, Amerika Serikat.

Departemen Kehakiman AS mengatakan pemerintahan Obama akan memberikan hibah $20 juta kepada puluhan kantor polisi setempat sebagai bagian dari program percontohan untuk memperluas penggunaan kamera tubuh oleh anggota polisi.

Langkah ini muncul di tengah protes yang meluas atas kematian Freddie Gray, 25 tahun, 25 April lalu dalam tahanan polisi Baltimore, satu dari serangkaian insiden mematikan yang melibatkan polisi dan pria kulit hitam tak bersenjata.

"Program percontohan kamera yang dikenakan di tubuh ini adalah bagian penting dari upaya Departemen Kehakiman yang komprehensif untuk melengkapi lembaga penegak hukum di seluruh Amerika dengan alat, dukungan, dan pelatihan yang mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan abad ke-21 yang kita hadapi.” Demikian ujar Jaksa Agung Loretta Lynch dalam sebuah pernyataan.

“Kamera ini sangat menjanjikan peningkatan transparansi, peningkatan akuntabilitas, dan peningkatan keamanan publik bagi aparat penegak hukum dan masyarakat yang mereka layan,” imbuhnya.

Ini adalah bagian pertama dari program pendanaan tiga tahun bagi pengadaan kamera tubuh sebesar $75 juta yang diumumkan pada bulan Desember lalu oleh Presiden Barack Obama. Para pejabat mengatakan $1 juta lagi akan disisihkan untuk mempelajari dampak dari penggunaan kamera.

XS
SM
MD
LG