Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintahan Obama Tolerir UU Pengunaan Ganja di AS


Seorang pasien mencium tanaman ganja yang dibelinya di Canna Pi, sebuah apotik di Seattle, negara bagian Washington, 20 November 2012 (Foto: dok).

Seorang pasien mencium tanaman ganja yang dibelinya di Canna Pi, sebuah apotik di Seattle, negara bagian Washington, 20 November 2012 (Foto: dok).

Delapan belas negara bagian di Amerika Serikat dan District of Columbia mengizinkan penggunaan ganja untuk tujuan pengobatan.

Pemerintahan Obama mengatakan pihaknya tidak akan menantang undang-undang baru dua negara bagian yang melegalisasi penggunaan ganja untuk rekreasi dan pengobatan, asalkan undang-undang itu tidak mengganggu prioritas penegakan undang-undang federal yang baru.

Dalam pernyataan kebijakan yang berlingkup luas, Departemen Kehakiman Amerika mengatakan mereka memperkirakan negara-negara bagian Colorado dan Washington akan membuat peraturan yang ketat yang bertujuan menghambat remaja di bawah umur memperoleh ganja dan komplotan-komplotan kejahatan memperoleh laba dari perdagangan ganja. Para pejabat mengatakan pedoman baru itu akan berlaku bagi semua negara bagian.

Colorado dan Washington mulai mengizinkan penggunaan sedikit ganja untuk rekreasi, setelah penduduk menyetujuinya dalam referendum pemilu tahun 2012. Delapan belas negara bagian lain dan District of Columbia mengizinkan penggunaan ganja untuk tujuan pengobatan.

Pengumuman itu melonggarkan hukuman pidana federal yang telah berlaku 75 tahun terhadap semua penggunaan dan perdagangan ganja. Kebijakan baru itu diambil setelah dorongan yang sudah lama oleh para penganjur ganja, termasuk para anggota Kongres Amerika, untuk mengakhiri tuntutan pidana atas penggunaan ganja oleh orang dewasa.
XS
SM
MD
LG