Tautan-tautan Akses

Pemerintah Suriah dan Lawan-lawannya Saling Tuding Lancarkan Serangan Bom


Pemberontak Suriah mengerumuni pengamat dari PBB di Douma, dekat Damascus, Suriah. Pemerintah Suriah dan pemberontak saling tuding terkait serangkaian serangan bom di Suriah.

Pemberontak Suriah mengerumuni pengamat dari PBB di Douma, dekat Damascus, Suriah. Pemerintah Suriah dan pemberontak saling tuding terkait serangkaian serangan bom di Suriah.

Pemerintah Suriah Kamis menuding teroris sebagai pelaku ledakan besar di kota Hama, Suriah Tengah, yang menewaskan paling sedikit 16 orang, sementara gencatan senjata yang rapuh semakin goyah dan kekerasan serta jumlah korban tewas meningkat.

Pemerintah dan pemberontak saling menyalahkan pihak lain sebagai penyebab kebakaran besar di kawasan permukiman, Rabu. Kantor berita pemerintah menyatakan teroris yang memasang bom di kawasan tersebut.

Namun para aktivis antipemerintah menyalahkan pasukan keamanan sebagai penyebab insiden itu, yang menurut mereka merupakan bagian dari kekerasan yang menewaskan sedikitnya 27 orang di seantero Suriah hari Rabu.

Hari Kamis, Syrian Revolution General Commission menyatakan tujuh orang tewas dalam kekerasan antipemerintah. Disebutkan bahwa sebagian besar korban tewas akibat pengeboman oleh pasukan pemerintah di Deir el-Zour di bagian timur.

Dewan Nasional Suriah yang beroposisi meminta diadakannya pertemuan darurat Dewan Keamanan yang akan difokuskan pada perlindungan bagi rakyat sipil di Suriah. Kelompok itu menyebut meningkatnya serangan-serangan di wilayah Hama dan kota-kota lain sebagai alasan permintaan mereka itu.

Kantor berita The Associated Press mengatakan pemantau hari Kamis menginspeksi lokasi ledakan hari Rabu di Hama. Belum ada keterangan mengenai hasil kunjungan itu.

Dalam perkembangan lain, putra mantan Perdana Menteri Suriah Maarouf al-Dawalibi mengumumkan rencana membentuk pemerintahan di pengasingan. Nofal al-Dawalibi mengatakan Dewan Nasional Suriah yang lebih terkemuka telah gagal dalam upayanya mewakili rakyat Suriah.
XS
SM
MD
LG