Tautan-tautan Akses

Pemerintah Perketat Impor Jagung untuk Dukung Produsen Domestik


Seorang pedagang di pasar Cisarua, Bogor, mengupas kulit jagung dibantu anaknya yang masih kecil.

Seorang pedagang di pasar Cisarua, Bogor, mengupas kulit jagung dibantu anaknya yang masih kecil.

Pemerintah berhenti mengeluarkan izin impor untuk jagung yang digunakan pabrik pakan ternak bulan Juli untuk menghitung kembali pasokan dan permintaan jagung di sektor ini.

Pemerintah Indonesia telah berhenti mengeluarkan izin impor jagung yang digunakan di pabrik pakan ternak, dan sedang berupaya meluncurkan aturan yang hanya akan memperbolehkan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengimpor jagung mulai tahun depan, menurut seorang pejabat Kementerian Pertanian, Senin (3/8).

Presiden Joko Widodo sedang berusaha mencapai target-target swasembada dalam beragam jenis pangan dan mengekang impor yang telah dipersalahkan atas semakin tingginya harga-harga beras, daging sapi dan gula.

Pemerintah berhenti mengeluarkan izin impor untuk jagung yang digunakan pabrik pakan ternak bulan Juli untuk menghitung kembali pasokan dan permintaan jagung di sektor ini, ujar Muladno, direktur jenderal peternakan di Kementerian Pertanian.

"Semangat swasembada harus dimulai sekarang, bagaimanapun kondisinya. Menghentikan impor jagung adalah bagian dari semangat itu," ujar Muladno.

Izin yang hanya diberikan kepada Bulog untuk mengimpor jagung mulai 2016 bersifat sementara, ujar Muladno, meski ia tidak memberitahu kerangka waktunya.

Permintaan jagung Indonesia telah meningkat dalam beberapa tahun ini akibat kenaikan tingkat kemakmuran dan permintaan yang lebih tinggi akan unggas. Indonesia diperkirakan akan mengimpor 3 juta ton jagung tahun ini, dibandingkan dengan 3,1 juta ton tahun lalu.

Jumlah ini masih di bawah 3,5 juta ton yang diperlukan industri, menurut Gabungan Pengusaha Makanan Ternak Indonesia.

Biro Pusat Statistik mencatat hasil produksi jagung tahun ini mencapai 20,67 juta ton, naik dari 19,01 juta ton tahun 2014.

Sebagian besar jagung yang diimpor dari Indonesia berasal dari Brazil dan Argentina. Impor itu diberlakukan tarif 5 persen dan para importir wajib mendaftar untuk mendapatkan izin pemerintah.

Perusahaan pakan unggas asing dengan cabang di Indonesia termasuk PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Malindo Feedmill dan PT Charoen Pokphand Indonesia.

Pedagang komoditas papan atas Cargill mengatakan sebelumnya bahwa mereka mempertimbangkan untuk membangun pabrik penggilingan jagung di Indonesia, tapi agar investasi tersebut menguntungkan harus ada pilihan impor jagung jika pasokan domestik kurang dalam hal kualitas atau kuantitas.

Setelah kekeringan terburuk yang menimpa AS dalam 56 tahun terakhir mendorong harga global kacang kedelai dan jagung ke tingkat teratas sepanjang masa tahun 2012, pemerintah Indonesia mengatakan akan secara perlahan memperluas peran dan jangkauan Bulog. Bulog tidak hanya akan mengurus beras tapi juga meningkatkan pasokan daging sapi, jagung, gula dan kacang kedelai.

Sebagai bagian dari undang-undang pangan, Presiden Jokowi menandatangani keputusan yang mengizinkan pemerintah untuk membatasi harga pangan utama, semen dan bahan pokok lainnya selama periode permintaan tinggi.

Para pejabat pemerintah telah menyalahkan musim kering, penimbunan makanan dan spekulator atas fluktuasi harga-harga pangan tahun ini.

XS
SM
MD
LG