Tautan-tautan Akses

Pemerintah Indonesia Perjuangkan Palestina di Forum Internasional


Dalam sidang kabinet paripurna di Jakarta (11/7) Presiden Yudhoyono mengecam keras serangan militer Israel ke Jalur Gaza dan menyatakan akan mengirim bantuan dana untuk Palestina.

Dalam sidang kabinet paripurna di Jakarta (11/7) Presiden Yudhoyono mengecam keras serangan militer Israel ke Jalur Gaza dan menyatakan akan mengirim bantuan dana untuk Palestina.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengecam keras serangan militer Israel ke Jalur Gaza Palestina dan Indonesia akan mengirim bantuan berupa uang 1 juta dollar Amerika ke Palestina.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sidang kabinet paripurna di kantor presiden Jakarta Jumat (11/7) mengecam keras serangan militer Israel ke Jalur Gaza Palestina. Menurut Presiden, Indonesia saat ini tengah berjuang di forum internasional agar dunia bisa menghentikan serangan militer Israel atas Palestina.

“Serangan militer Israel terhadap Palestina telah melampui batas. Telah jatuh banyak korban sipil di warga sipil di Palestina. Indonesia disamping mengecam aksi-aksi militer Israel yang berlebihan itu, juga telah aktif menjalankan diplomasi baik di PBB, organisasi kerjasama Islam dan Gerakan Non Blok. Target Indonesia adalah, aksi militer Israel atas Palestinan harus dihentikan,” kata Presiden Yudhoyono.

Indonesia menurut Presiden juga berharap adanya gencatan senjata dari Israel dan Palestina, dengan pengawasan dari PBB. Selain itu Indonesia juga menyerukan dunia internasional agar memberi bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menjelaskan, perwakilan Indonesia di PBB turut aktif dalam menyelenggarakan pertemuan dengan negara-negara yang tergabung dalam gerakan non blok untuk mencari solusi dalam menghentikan serangan militer Israel ke Palestina.

“Melalui perwakilan kita di PBB di New York, Amerika Serikat. Kita coba menggalang kesatuan sikap dari organisasi kerjasama Islam dan juga Gerakan Non Blok. Atas inisiatif Indonesia tersebut, maka hari ini hari Jumat waktu New York, akan diselenggarakan pertemuan negara-negara yang tergabung dalam OKI di PBB. Dan negara-negara yang tergabung dalam gerakan Non Blok. Intinya untuk mendengarkan pandangan dari Palestina tentang situasi yang terjadi dan mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu untuk bisa menekan Israel agar segera menghentikan aksi agresi militernya,” papar Marty.

Menteri Koordinator bidang hukum politik dan keamanan Djoko Suyanto, menyatakan, Indonesia akan mengirim bantuan berupa uang 1 juta dollar Amerika.

“Pemerintahan Indonesia mempunyai komitmen bantuan kemanusiaan sebesar 1 juta US dolar yang bentuknya nanti akan dibicarakan antara menlu dengan dubes palestina untuk Indonesia,” kata Djoko.

Sementara itu Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyarankan kepada masyarakat jika ingin membantu Palestina disarankan melalui uang tunai.

“Maka disarankan jika ada bantuan dari masyarakat disarankan melalui bentuk uang tunai. Ini mudah. Bisa melalui kedutaan besar Palestina di Jakarta dengan tembusan kepada pemerintah kita,” kata Agung.

Dalam perkembangan terakhir serangan Israel ke Gaza telah menewaskan 99 orang per Jumat 11 Juli 2014. Diperkirakan lebih dari 670 orang di Gaza terluka dalam serangan yang terjadi sejak awal pekan ini.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG