Tautan-tautan Akses

Pemerintah Madagaskar Berunding dengan Perencana Kudeta


Anggota militer Madagaskar yang setia kepada Presiden Andry Rajoelina berpatroli di ibukota Antananarivo, Kamis 18 November 2010.

Anggota militer Madagaskar yang setia kepada Presiden Andry Rajoelina berpatroli di ibukota Antananarivo, Kamis 18 November 2010.

Utusan Presiden Madagaskar Andry Rajoelina kini berunding dengan kelompok tentara yang menyatakan kudeta hari Rabu.

Para utusan presiden Madagaskar kini berunding dengan tentara yang menyatakan kudeta hari Rabu tetapi sekarang bersembunyi di barak-barak mereka.

Menurut para saksi mata, jalan-jalan di ibukota, Antananarivo, tampak tenang dan lalu lintas berjalan normal selagi perundingan berlangsung.

Hari Rabu, sekitar 20 perwira militer memberitahu jumpa pers bahwa pemerintahan di Madagaskar telah dibubarkan dan sebuah dewan militer akan mengambil alih pemerintahan.

Tetapi pada malam harinya terlihat jelas bahwa kelompok perwira itu tidak menguasai satu pun lembaga pemerintah. Sewaktu berbicara kepada wartawan, Presiden Andry Rajoelina dan Perdana Menteri Camille Vital bertekad akan menindak para pemberontak.

Keresahan terjadi pada hari yang sama Madagaskar mengadakan referendum untuk sebuah konstitusi baru. Jika lolos, konstitusi baru itu akan memperkokoh kekuasaan Rajoelina. Ia merebut kekuasaan itu dalam kudeta tahun lalu.

XS
SM
MD
LG