Tautan-tautan Akses

Pemerintah Keluarkan Peringatan Siaga Tinggi untuk Gunung Bromo


Gunung Bromo (2.392 meter) di Jawa Timur merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Gunung Bromo (2.392 meter) di Jawa Timur merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Gunung Bromo merupakan tempat tujuan wisata yang terkenal, meskipun kawasan di sekitar Bromo jarang penduduknya.

Pihak berwenang Indonesia telah mengeluarkan peringatan siaga tinggi terhadap kemungkinan meletusnya gunung berapi lain di Pulau Jawa.

Pihak berwenang meningkatkan peringatan pada Gunung Bromo di Jawa timur menjadi tingkat siaga tertinggi hari Selasa selagi gunung berapi itu mengeluarkan debu ke udara, yang mengindikasikan ledakan yang lebih besar kemungkinan segera terjadi.

Gunung Bromo terletak 275 kilometer di sebelah timur Gunung Merapi, di Jawa Tengah yang mulai meletus tanggal 26 Oktober dan telah menewaskan 300 orang lebih.

Tidak seperti Merapi kawasan di sekitar Bromo jarang penduduknya. Meski demikian, Bromo merupakan tempat wisata yang terkenal.

Gambar kawah Gunung Bromo dan Gunung Batok di ambil dari atas (foto: NASA)

Gambar kawah Gunung Bromo dan Gunung Batok di ambil dari atas (foto: NASA)

Gunung Bromo yang merupakan salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia tergolong sering mengeluarkan letusan. Dalam 100 tahun terakhir, letusan terbesar pernah terjadi pada tahun 1974, sedangkan letusan terakhir terjadi pada tahun 2004.

Wilayah Indonesia secara geografis teletak pada kawasan bumi yang disebut sebagai ring of fire (cincin api), yaitu kawasan yang mempunyai tingkat aktivitas vulkanik dan seismik yang tinggi.

XS
SM
MD
LG