Tautan-tautan Akses

Pemerintah Irlandia Guncang di Tengah Krisis Keuangan


PM Brian Cowen mendesak parlemen Irlandia menyetujui paket penghematan anggaran.

PM Brian Cowen mendesak parlemen Irlandia menyetujui paket penghematan anggaran.

PM Brian Cowen akan menyerukan pemilu baru awal tahun 2011, tetapi hanya setelah parlemen Irlandia menyetujui paket penghematan anggaran.

Perdana Menteri Irlandia Brian Cowen berjuang supaya pemerintahannya bisa bertahan setelah gagal membendung kehebohan politik akibat dana talangan internasional yang disetujuinya untuk mengatasi krisis hutang Irlandia.

Sebagian anggota partai Cowen, Fianna Fail dan anggota parlemen yang beroposisi hari Selasa menyerukan pemungutan suara mosi tidak percaya, segera di parlemen Irlandia meskipun tampaknya mereka tidak punya cukup suara untuk memaksakan pemilu secepatnya.

Setelah berkali-kali membantah ia akan meminta dana talangan dari para mitranya di Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF), Cowen hari Minggu menyetujui dana talangan yang mencapai nilai lebih dari 100 miliar AS. Defisit Irlandia tahun ini 32 persen dari PDB-nya, defisit yang tertinggi di Eropa sejak Perang Dunia II.

Cowen mengatakan akan menyerukan pemilu baru awal tahun 2011, tetapi hanya setelah para anggota parlemen menyetujui penghematan anggaran pada awal Desember yang menetapkan penghematan segera sebesar 8,2 milyar dolar.

XS
SM
MD
LG