Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah Federal Berupaya Keras Lawan Peretas Dunia Maya


Sejumlah pegawai dan kontraktor federal bertanggung jawab atas sedikitnya separuh dari serangan peretas sejak tahun 2010 (Foto: ilustrasi).

Sejumlah pegawai dan kontraktor federal bertanggung jawab atas sedikitnya separuh dari serangan peretas sejak tahun 2010 (Foto: ilustrasi).

Para pegawai dan kontraktor pemerintah federal, menurut catatan analisis kantor berita Associated Press, bertanggung jawab menyebabkan sedikitnya separuh dari serangan peretas terhadap pemerintah federal sejak 2010.

Kontrak senilai $10 milyar setahun untuk melindungi data pemerintah AS yang sensitif, dari rahasia militer hingga nomor-nomor Tunjangan Sosial, berusaha keras menangkis sejumlah serangan peretas di dunia maya. Malangnya, upaya ini dirongrong oleh para pegawai dan kontraktor federal.

Pegawai yang tersebar di lebih dari sepuluh departemen, mulai dari Departemen Pertahanan dan Pendidikan hingga Dinas Cuaca Nasional, bertanggung jawab menyebabkan sedikitnya separuh dari serangan peretas terhadap pemerintah federal, yang dilaporkan setiap tahun sejak 2010, menurut catatan analisis kantor berita Associated Press.

Para pegawai mengklik tautan-tautan semu yang menyesatkan, membuka situs-situs penuh virus dan ditipu oleh situs-situs penipu untuk membagi informasi. Seseorang pernah diarahkan kepada sebuah situs berbahaya setelah sebelumnya dihubungkan ke sebuah video bintang tenis, Serena Williams.

Beberapa orang bertindak secara sengaja, misalnya yang paling terkenal mantan kontraktor Dewan Keamanan Nasional, Edward Snowden, yang mengunduh dan membocorkan dokumen-dokumen, mengungkap koleksi nomor telpon dan catatan email pemerintah.

XS
SM
MD
LG