Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah Federal Amerika Kembali Beroperasi


Pemimpin Mayoritas di Senat, Harry Reid (Demokrat-Nevada) dalam konferensi pers seusai meloloskan RUU untuk menaikkan pagu utang dan mendanai pengeluaran pemerintah AS di Gedung Capitol, Washington DC (16/10).

Pemimpin Mayoritas di Senat, Harry Reid (Demokrat-Nevada) dalam konferensi pers seusai meloloskan RUU untuk menaikkan pagu utang dan mendanai pengeluaran pemerintah AS di Gedung Capitol, Washington DC (16/10).

Presiden Barack Obama menandatangani RUU yang diloloskan Kongres AS, untuk membuka kembali pemerintah Amerika dan menunda risiko gagal bayar utang, Kamis (17/10) dini hari.

Pemerintah federal Amerika dibuka kembali hari Kamis (17/10) setelah penutupan parsial selama 16 hari. Kongres Amerika menyetujui RUU kompromi di menit-menit terakhir untuk menghindari kemungkinan Amerika gagal membayar utang.

Presiden Amerika Barack Obama menandatangani RUU tersebut Kamis (17/10) dini hari. Undang-undang itu memungkinkan pemerintah terus beroperasi setidaknya sampai tanggal 15 Januari dan menaikkan pagu utang sehingga cukup untuk menunda risiko gagal bayar utang sampai setidaknya hingga tanggal 7 Februari. Sementara itu, anggota Kongres akan berunding mengenai pemotongan anggaran.

Anggota DPR Amerika menyetujui RUU itu Rabu malam (16/10) dengan 285 banding 144 suara, setelah RUU itu disetujui Senat sebelumnya pada hari sama dengan 81 banding 18 suara.

Pegawai federal disarankan untuk kembali bekerja Kamis pagi (17/10). Smithsonian Institution, yang mencakup sebagian besar musium terkenal yang berada di Mall Nasional di Washington, D.C., mengumumkan akan membuka fasilitasnya hari Kamis (17/10), dan Kebun Binatang Nasional akan kembali buka hari Jumat (18/10).

Obama mengucapkan terima kasih kepada pemimpin kedua fraksi dan mengatakan kini saatnya mendapatkan kembali kepercayaan rakyat Amerika yang pupus.

Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid, seorang Demokrat, dan koleganya dari Partai Republik Mitch McConnel menyetujui kesepakatan itu hari Rabu (16/10), sehari sebelum otoritas utang sekarang ini berakhir.
XS
SM
MD
LG