Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah Federal akan Bantu Atasi Masalah Air Beracun di Flint


Warga melakukan unjuk rasa di gedung Capitol di Lansing, Michigan atas kasus air beracun di kota Flint, Selasa (19/1).

Warga melakukan unjuk rasa di gedung Capitol di Lansing, Michigan atas kasus air beracun di kota Flint, Selasa (19/1).

Pemerintahan Obama telah menunjuk seorang pejabat senior untuk membantu mengatasi krisis air tercemar yang melanda kota Flint di negara bagian Michigan.

Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Walikota Flint, Karen Weaver hari Selasa (19/1) untuk mendengar langsung mengenai bagaimana penduduk kota Flint di negara bagian Michigan menghadapi krisis kesehatan masyarakat yang terjadi.

Presiden Obama mengatakan Wakil Menteri Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Dr. Nicole Lurie adalah pejabat pemerintah federal yang bertugas mengkoordinasi bantuan ke kota itu dari pemerintah federal.

Walikota Weaver juga bertemu dengan penasihat senior Presiden Obama dan Direktur urusan antar pemerintah, hari Selasa.

Gedung Putih mengatakan para pejabat meyakinkan Weaver bahwa pemerintah federal akan menjadi "mitra konstruktif '' dalam tangggapan dan kepulihan kota.

Kota Flint yang mengalami masalah keuangan berada di bawah kendali seorang manajer darurat yang ditunjuk negara bagian ketika beralih dari sumber air minum Detroit ke air dari Sungai Flint pada bulan April 2014 untuk menghemat uang.

Air sungai Flint mengandung timbal dalam kadar lebih tinggi daripada air dari kota Detroit, membuat kadar timbal naik dalam air minum dan dalam darah sebagian anak-anak. Kota Flint kembali menggunakan air dari kota Detroit, yang bersumber dari Danau Huron, pada bulan Oktober, tetapi banyak warga yang mengandalkan air botolan.

Pada hari Sabtu, Presiden Obama menyatakan keadaan darurat federal di Flint, memungkinkan pengucuran bantuan federal sampai 5 juta dolar untuk membantu mengatasi krisis kesehatan masyarakat itu, tetapi ia menolak permintaan gubernur untuk menyatakan keadaan bencana di Flint. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG