Tautan-tautan Akses

Pemerintah Burma Adakan Pembicaraan dengan Pemberontak Kachin


Ribuan warga etnis minoritas Kachin mengungsi ke Ruili, provinsi Yunan dekat berbatasan Tiongkok (Foto: dok).

Ribuan warga etnis minoritas Kachin mengungsi ke Ruili, provinsi Yunan dekat berbatasan Tiongkok (Foto: dok).

Organisasi Berita independen Kachin mengatakan para anggota Organisasi Kemerdekaan Kachin (KIO) akan bertemu dengan delegasi pemerintah di kota Ruili di perbatasan Tiongkok.

Para pejabat pemerintah Burma hari Kamis bertemu dengan kelompok pemberontak Kachin untuk mengadakan pembicaraan mengenai cara mengakhiri bentrokan bersenjata yang sudah berlangsung berbulan-bulan di negara bagian di Burma utara itu.

Para pejabat KIO dikutip mengatakan pembicaraan itu akan terfokus pada menemukan solusi permanen atas konflik tersebut, yang telah menelantarkan kira-kira 60.000 orang sejak bulan Juni. Organisasi itu mengatakan pihaknya menginginkan tidak hanya gencatan senjata, tetapi penarikan pasukan pemerintah dari wilayah KIO.

Presiden Thein Sein memerintahkan angkatan bersenjata bulan Desember untuk menghentikan operasi militer di negara bagian Kachin, tetapi pertempuran terus berlanjut.

Sejak memegang kekuasaan setahun lalu, pemerintah sipil Burma telah menandatangani persetujuan damai dengan sejumlah kelompok pemberontak, yang berjuang untuk memperoleh otonomi lebih besar di negara-negara bagian tradisionil mereka.

XS
SM
MD
LG