Tautan-tautan Akses

Pemerintah Baru Yunani Bentuk Kabinet


Yanis Varoufakis, menteri keuangan baru Yunani yang mengecam kesepakatan dana talangan (27/1).

Yanis Varoufakis, menteri keuangan baru Yunani yang mengecam kesepakatan dana talangan (27/1).

Yunani sedang berusaha menghapus sebagian utangnya dan meminta kelonggaran terkait program penghematan, sebagai imbalan dana talangan 300 miliar dolar lebih.

Seorang ekonom yang dikenal mengecam keras kesepakatan dana talangan Yunani dengan para kreditur internasional telah ditunjuk sebagai menteri keuangan dalam kabinet pemerintah sayap kiri baru di negara itu.

Perdana Menteri Alexis Tsipras menunjuk Yanis Varoufakis untuk memimpin jabatan utama bidang ekonomi itu, serta memilih sejumlah pendukung politiknya sebagai anggota kabinet menyusul kemenangan partainya Syriza dalam pemilu hari Minggu.

Varoufakis, yang memiliki kewarganegaraan ganda Yunani dan Australia, kini akan berperan penting dalam merundingkan ulang kesepakatan Yunani dengan para kreditur.

Yunani sedang berusaha menghapus sebagian utangnya dan meminta kelonggaran terkait program penghematan yang diterapkan pihak kreditur sebagai imbalan dana talangan lebih dari 300 miliar dolar.

Tsipras juga menunjuk Panos Kammenos, pemimpin partai Yunani Independen, sebagai menteri pertahanan setelah kedua partai itu membentuk koalisi dan menjatuhkan mantan Perdana Menteri Antonis Samaras.

Segera setelah kemenangan Syriza, para pemimpin Eropa menuntut Yunani agar menepati komitmen finansialnya untuk membayar utang, membiarkan pemangkasan dana pensiun dan upah PNS, serta berbagai langkah penghematan lainnya jika ingin tetap menjadi bagian dari ke-19 negara dalam zona euro.

Tetapi sikap keras terhadap Yunani itu kemudian melemah.

Kanselir Jerman Angela Merkel, yang sangat mendukung program penghematan di zona euro, hari Selasa mengucapkan selamat kepada Tsipras.

Pemimpin para menteri keuangan zona euro, Jeroen Dijsselbloem dari Belanda, mengatakan akan berkunjung ke Athena hari Jumat untuk bertemu pemerintah baru Yunani.

Ia mengatakan “kami akan mendukung usaha mereka memulihkan ekonomi di Yunani. Kami senang mereka ingin melakukan hal itu sebagai bagian dari zona euro dan kami siap mendukung ambisi tersebut.”

XS
SM
MD
LG