Tautan-tautan Akses

Pemerintah Australia Kehilangan Dukungan Rakyat Pasca-Bencana


PM Australia Julia Gillard berencana mengenakan pajak khusus kepada rakyatnya untuk membantu pemerintah membangun kembali daerah bencana.

PM Australia Julia Gillard berencana mengenakan pajak khusus kepada rakyatnya untuk membantu pemerintah membangun kembali daerah bencana.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan dukungan bagi Partai Buruh kini hanya 32 persen, terendah sejak PM Julia Gillard menjadi Ketua Partai.

Pemerintah Australia kehilangan dukungan setelah bencana alam dan usulan Perdana Menteri Julia Gillard agar rakyat membayar pajak khusus untuk membiayai pembangunan kembali daerah yang dilanda topan dan banjir.

Survei pendapat umum yang baru oleh organisasi Newspoll mendapati dukungan bagi Partai Buruh kini hanya 32 persen, turun 6 persen dari bulan Augustus lalu. Menurut Newspoll, ini adalah dukungan terendah pada Partai Buruh sejak Gillard menggantikan pendahulunya Kevin Rudd sebagai Ketua Partai pada bulan Juni.

Tetapi, lebih dari separuh orang yang disurvei mendukung pajak banjir khusus yang diusulkan Gillard. Perdana Menteri Gillard berencana mengenakan pajak khusus selama satu tahun terhadap keluarga yang berpendapatan menengah dan atas guna mengumpul 1,8 milyar dolar untuk biaya pemulihan pasca-bencana.

Pemerintah diperkirakan akan menanggung sebagian besar dari biaya pembangunan kembali. Gillard juga berjanji untuk memotong anggaran negara untuk mendanai pembangunan kembali prasarana.

Kubu oposisi telah menyatakan menolak gagasan Gillard tersebut. Para anggota parlemen Australia akan membicarakan isu pemulihan pasca-banjir, Selasa, dalam sidang pertama parlemen tahun ini.

XS
SM
MD
LG