Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Upayakan Bantuan Keuangan Tambahan untuk Yordania


Presiden Barack Obama (kanan) bertemu dengan Raja Yordania Abdullah II di tempat peristirahatan "The Annenberg Retreat" Sunnylands, Rancho Mirage, California (14/2).

Presiden Barack Obama (kanan) bertemu dengan Raja Yordania Abdullah II di tempat peristirahatan "The Annenberg Retreat" Sunnylands, Rancho Mirage, California (14/2).

Badan bantuan Amerika bagi pembangunan internasional memperkirakan pemerintah Yordania harus mengeluarkan 900 juta dolar tahun ini saja untuk menampung pengungsi Suriah di negaranya.

Pemerintah Amerika akan minta persetujuan Kongres untuk memberikan bantuan keuangan tambahan bagi Yordania yang sedang kewalahan menghadapi ratusan ribu pengungsi dari Suriah. Ini dikatakan presiden Barack Obama hari Jumat malam (14/2) seusai pertemuan dengan Raja Abdullah di tempat peristirahatan Sunnylands di California selatan.

Presiden Obama mengatakan ia berunding dengan Raja Abdullah tentang bagaimana mengusahakan perubahan di Suriah yang akan mengakhiri pembunuhan banyak warga sipil.

Yordania adalah mitra penting Amerika di dunia Arab dan merupakan kekuatan untuk menstabilkan kawasan itu, tapi perekonomiannya sangat terganggu karena harus membantu kira-kira 600,000 warga Suriah yang mencari perlindungan di negara itu. Jumlah pengungsi itu adalah sepersepuluh penduduk Yordania sendiri.

Badan bantuan Amerika bagi pembangunan internasional memperkirakan pemerintah Yordania harus mengeluarkan 900 juta dolar tahun ini saja untuk menampung pengungsi Suriah itu.

Presiden Obama mengatakan akan mengusahakan jaminan pinjaman sebesar satu milyar dolar bagi Yordania. Itu adalah tambahan dari 1,25 milyar dolar jaminan pinjaman yang disetujui Kongres tahun lalu bagi Yordania.

Apabila Yordania tidak sanggup membayar cicilan hutang dan bunganya, pemerintah Amerika yang akan menanggungnya. Raja Abdullah menyatakan terima kasihnya atas bantuan Amerika bagi negaranya dan dalam usaha mengakhiri perang saudara di Suriah.
XS
SM
MD
LG