Tautan-tautan Akses

AS Ungkap Strategi Keamanan Nasional Baru


Menhan AS Robert Gates dan pasukan AS di Afghanistan. Penggunaan kekuatan militer menjadi opsi terakhir bagi pemerintahan Obama.

Menhan AS Robert Gates dan pasukan AS di Afghanistan. Penggunaan kekuatan militer menjadi opsi terakhir bagi pemerintahan Obama.

Pemerintahan Obama menekankan kerjasama diplomatik internasional, dan menggunakan kekuatan militer sebagai opsi terakhir.

Pemerintahan Obama telah mengungkapkan strategi keamanan nasional yang baru, dengan menekankan perlunya meningkatkan kerjasama diplomatik internasional, dan menggunakan kekuatan militer sebagai upaya terakhir.

Dalam dokumen setebal 52 halaman yang dirilis hari Kamis itu, Presiden Barack Obama mengatakan militer harus digunakan tetapi tidak dengan berlebihan. Dengan memperhatikan keamanan nasional lebih luas, Obama menyoroti kebutuhan untuk pemulihan ekonomi dengan mengatakan hal itu sangat penting untuk mempertahankan kekuatan Amerika.

Strategi keamanan nasional itu adalah yang pertama dari pemerintahan Obama. Dokumen itu diminta oleh Kongres dari setiap presiden Amerika. Presiden George W. Bush terakhir menerbitkan dokumen serupa tahun 2006.

Dalam pidato di Washington mengenai rencana itu hari Kamis, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton mengatakan teknologi baru dan saling ketergantungan ekonomi telah membawa negara-negara di dunia lebih dekat. Ia mengatakan rencana Obama mencerminkan perubahan itu dengan memandang dunia secara lebih komprehensif.

XS
SM
MD
LG