Tautan-tautan Akses

Pemerintah AS Umumkan Strategi Basmi Kejahatan Internasional


Pemerintah AS mengumumkan rencana baru menarget kartel-kartel kriminal seperti kartel narkoba di Meksiko (tengah).

Pemerintah AS mengumumkan rencana baru menarget kartel-kartel kriminal seperti kartel narkoba di Meksiko (tengah).

Rencana baru pemerintahan Obama memberikan sanksi baru terhadap kartel-kartel kriminal di Meksiko, Jepang, Italia dan Eropa Timur.

Pemerintahan presiden Amerika Barack Obama telah mengumumkan rencana baru untuk menindak kelompok-kelompok kejahatan internasional yang terorganisir.

Sebuah perintah eksekutif memberikan sanksi baru terhadap kartel-kartel kriminal di Meksiko, Jepang, Italia dan Eropa Timur. Sanksi-sanksi itu menargetkan geng obat bius Meksiko Los Zetas; Yakuza Jepang, yang terdiri dari beberapa sindikat kejahatan terorganisir; Camorra, jaringan kejahatan yang terorganisir di Italia; dan The Brothers’ Circle, kelompok multi-etnis yang sebagian besar berada di negara-negara bekas Uni Soviet.

Dalam mengumumkan strategi baru itu hari Senin, Jaksa Agung Amerika Eric Holder mengatakan jaringan kejahatan terorganisir transnasional bukan hal baru. Namun dia mengatakan setelah melakukan peninjauan luas untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, melawan kejahatan transnasional terorganisir menjadi lebih mendesak. Strategi ini menetapkan 56 langkah prioritas untuk menghancurkan kekuatan ekonomi kelompok-kelompok itu dan melindungi sistem keuangan.

Para pejabat Departemen Kehakiman mengatakan organisasi kejahatan kini semakin canggih, tidak mengenal batas-batas negara, mengancam stabilitas sistem keuangan dan pasar yang kompetitif.

XS
SM
MD
LG