Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Sita Dokumen Hubungan Telepon Wartawan AP


Gary Pruitt, pimpinan kantor berita Associated Press (Foto: dok).

Gary Pruitt, pimpinan kantor berita Associated Press (Foto: dok).

Kantor berita Associated Press mengatakan pemerintah Amerika telah menyita catatan telepon banyak wartawan dan redakturnya selama dua bulan.

Pimpinan organisasi itu, Gary Pruitt, menyebut tindakan itu “penerobosan besar-besaran yang baru kali ini terjadi” terhadap operasi kantor berita Associated Press.

Pruitt mengatakan hari Senin bahwa Associated Press mengetahui dari Departemen Kehakiman hari Jumat bahwa Departemen itu telah mengumpulkan catatan telepon dari lebih dari 20 nomor kantor dan wartawan Associated Press. Catatan tersebut terdiri dari liputan selama dua bulan pada awal tahun 2012, yang mencakup biro-biro kantor berita itu di New York, Washington, dan Hartford, Connecticut.

Berita Associated Press mengenai hal itu mengatakan pemerintah belum memberi penjelasan apapun mengenai alasan penyitaan catatan telepon tersebut.

Namun, para pejabat Amerika sebelumnya telah mengatakan bahwa Departemen Kehakiman sedang melakukan penyelidikan pidana tentang siapa yang mungkin telah memberi informasi bagi sebuah laporan Associated Press bulan Mei tahun 2012, mengenai operasi CIA di Yaman yang menggagalkan rencana pemboman oleh al-Qaida.

Kantor kejaksaan Amerika di Washington mengatakan dalam pernyataan hari Senin bahwa pihaknya selalu berhati-hati dengan seksama, ketika berhadapan dengan masalah pers. Kantor kejaksaan itu tidak menyebut dengan jelas kasus Associated Press tadi.
XS
SM
MD
LG