Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Lepas Saham General Motors


Kantor pusat General Motors di Detroit, Michigan (foto: dok). Pemerintah AS telah mengakhiri kepemilikan saham General Motors, Senin (9/12).

Kantor pusat General Motors di Detroit, Michigan (foto: dok). Pemerintah AS telah mengakhiri kepemilikan saham General Motors, Senin (9/12).

Pemerintah Amerika Senin (9/12) telah mengakhiri kepemilikan saham General Motors, lima tahun setelah menyelamatkan produsen mobil terbesar kedua di dunia itu dari keruntuhan.

Pemerintah AS menjual saham GM terakhirnya Senin (9/12), dengan pembayar pajak AS secara keseluruhan kehilangan $10 miliar dari $49 miliar lebih dana talangan yang diberikan pemerintah kepada perusahaan itu selama krisis ekonomi yang parah pada tahun 2008 dan 2009.

Dana talangan AS untuk General Motors dan Chrysler kontroversial pada saat itu, dengan para pengecam mengejek dengan menyebut GM Government Motors. Chrysler telah melunasi talangan lebih dari $10 miliar, sementara pemerintah telah menerima $433 miliar dari $422 miliar dana talangan yang diberikan kepada raksasa asuransi American International Group.

Meskipun penyelamatan GM menimbulkankerugian, Presiden Barack Obama mengatakan dana talangan itu melestarikan industri otomotif Amerika. Satu studi industri itu mengatakan dana talangan pemerintah bagi dua produsen mobil tersebut telah menyelamatkan lebih dari empat juta pekerjaan pada tahun 2009 dan 2010, baik di GM dan Chrysler, maupun pemasok onderdil mereka.

Obama mengatakan, investasi pemerintah itu tepat. Katanya negara bertaruh pada apa yang benar, yaitu kepintaran dan ketahanan, pria dan wanita yang bekerja keras membuat Amerika kuat. Hari ini, kata Obama, taruhan itu dilunasi. Industri otomotif Amerika hidup kembali.

Presiden mengatakan GM , Chrysler dan Ford, produsen mobil ketiga yang tidak mengambil dana talangan, semuanya meraup laba untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.
XS
SM
MD
LG