Tautan-tautan Akses

Pemenang Pemilu Thailand Bentuk Koalisi untuk Tingkatkan Mayoritas di Parlemen


Yingluck Shinawatra, pemimpin partai Pheu Thai, saat tiba untuk pertemuan pembentukan koalisi di sebuah hotel di Bangkok (4/7).

Yingluck Shinawatra, pemimpin partai Pheu Thai, saat tiba untuk pertemuan pembentukan koalisi di sebuah hotel di Bangkok (4/7).

Partai Pheu Thai pimpinan Yingluck Shinawatra dengan 265 kursi, mendapat tambahan dari partai-partai kecil menjadi 299 kursi dari 500 kursi di parlemen.

Politisi pemula Yingluck Shinawatra mengatakan ia telah membentuk koalisi dengan empat partai kecil, dan meningkatkan mayoritasnya di parlemen sehari setelah terpilih sebagai perdana menteri perempuan pertama Thailand.

Para pejabat pemilu mengatakan partai Pheu Thai yang dipimpin Yingluck merebut 265 dari 500 kursi dalam pemilu hari Minggu. Penambahan perolehan partai-partai kecil akan membuatnya jumlahnya menjadi 299 kursi, yang memberinya perlindungan dari kemungkinan tantangan hukum yang dapat mengikis mayoritas Pheu Thai.

Hasil pemilu tersebut merupakan kemunduran yang mengejutkan bagi partai Demokrat pimpinan Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva, yang hari Senin mengumumkan akan mengundurkan diri sebagai ketua partai.

Ini juga berarti kembalinya pengaruh kakak Yingluck, Thaksin Shinawatra, mantan perdana menteri yang digulingkan militer lima tahun silam. Meskipun tidak menyukai Thaksin, para pemimpin militer hari Senin menyatakan akan menghormati hasil pemilu.

XS
SM
MD
LG