Tautan-tautan Akses

Pembunuh Massal Norwegia Beri Pengakuan soal Perlakuan di Penjara


Petugas melepaskan borgol dari tangan terpidana pembunuhan masal Anders Behring Breivik dalam ruang pengadilan di penjara Skien, Norwegia (16/3).

Petugas melepaskan borgol dari tangan terpidana pembunuhan masal Anders Behring Breivik dalam ruang pengadilan di penjara Skien, Norwegia (16/3).

Anders Behring Breivik memberikan keterangan, Rabu (16/3), hari kedua dari empat hari sidang dengar keterangan di mana pengadilan akan mempertimbangkan apakah kondisi pemenjaraannya tidak manusiawi.

Terpidana pembunuhan masal Anders Behring Breivik telah mengatakan kepada pengadilan bahwa ia korban perlakuan penjara yang tidak manusiawi dan merendahkan, yang termasuk makanan kemasan yang menurutnya lebih buruk dari waterboarding (teknik interogasi kontroversial) sewaktu ia mengajukan argumentasi bahwa Norwegia melanggar hak-hak azasi manusianya.

Berbicara di hadapan pengadilan, Rabu, yang dilangsungkan di ruang senam penjara di Norwegia selatan, Breivik mengatakan, akan lebih manusiawi bila ia ditembak mati ketimbang dipenjara seperti hewan. Ia saat ini dipenjara di ruang terpisah.

Breivik dinyatakan bersalah membunuh 77 orang dalam aksi penembakan dan pemboman di Oslo Juli 2011. Ia dijatuhi hukuman penjara maksimum 21 tahun, namun hukumannya itu bisa diperpanjang jika ia dianggap membahayakan masyarakat.

Breivik mengatakan ia telah berikrar setia kepada Sosialisme Nasional, ideologi yang melatarabelakangi gerakan Nasionalis Jerman yang mendorong terjadinya Holokos.

Breivik menyatakan ia yakin Norwegia berusaha mendorongnya melakukan bunuh diri dan ia yakin kebanyakan orang tidak akan bisa bertahan hidup selama dirinya dalam kondisi penjara seperti itu

Para pejabat penjara mengatakan, mereka telah membatasi akses Breivik ke surat dan para tahanan lain dalam usaha untuk mencegah Brievik membangun jaringan ekstremis sewaktu menjalani masa hukuman.

Para pejabat pengadilan akan melakukan kunjungan ke ruang penjaranya yang terletak di kawasan dengan tingkat pengamanan tinggi di Penjara Skien, sebelum menyelesaikan sidang hari Rabu. [ab/as]

XS
SM
MD
LG