Tautan-tautan Akses

Pembunuh Foley Diduga Mantan Penyanyi Rap Inggris


Wartawan AS, James Foley dibunuh oleh seorang pria beraksen Inggris (foto: dok).

Wartawan AS, James Foley dibunuh oleh seorang pria beraksen Inggris (foto: dok).

Badan-badan intelijen Inggris berusaha keras mengidentifikasi laki-laki beraksen Inggris yang memenggal kepala wartawan AS James Foley dalam video.

Perburuan terhadap militan Negara Islam ISIS yang memenggal wartawan Amerika James Foley dipusatkan pada pejuang-pejuang jihad Inggris, termasuk orang yang pernah tampil sebagai penyanyi rap, dikenal sebagai L Jinny.

Kelompok ISIS menarik ratusan pengikut dari negara-negara Barat, termasuk sekitar 500 orang Inggris dan 100 orang Amerika.

L Jinny, bernama asli Abdel-Majed Abdel Bary, adalah satu dari mereka. Ayahnya, Adel Abdel Bary, yang diduga rekan dekat Osama bin Laden, telah diekstradisi ke Amerika atas tuduhan melakukan kegiatan teroris. Foto-foto L Jinny yang dipasang di situs media sosial menampilkan pemuda kurus berjenggot.

Badan-badan intelijen Inggris bekerja siang-malam untuk mengidentifikasi laki-laki beraksen Inggris yang memenggal Foley dalam video yang dirilis kelompok ekstremis itu minggu lalu.

Meski dalam video itu wajah si pembunuh ditutup topeng dan ia mengenakan penutup kepala hitam, suara dan aksen Inggrisnya bisa didengar dengan jelas. Badan-badan intelijen Inggris dilaporkan menggunakan alat pengenal suara canggih dan teknologi pemantauan untuk mengidentifikasi pembunuh itu.

Seorang penyanyi rap Jerman yang dikenal dengan nama Deso Dogg juga diperkirakan telah bergabung dengan kelompok ekstremis itu.

XS
SM
MD
LG