Tautan-tautan Akses

Pemboman Gaza Target Mobil-mobil Pejabat Hamas; Tidak Ada Korban Jiwa


Anggota Hamas berjaga-jaga dekat sebuah kendaraan yang hancur akibat ledakan di kota Gaza, Minggu, 19 Juli 2015.

Anggota Hamas berjaga-jaga dekat sebuah kendaraan yang hancur akibat ledakan di kota Gaza, Minggu, 19 Juli 2015.

Sedikitnya empat bom mengguncang kota Gaza Minggu pagi (19/7), menyasar mobil milik pejabat dari faksi Islam, termasuk para penguasa Hamas di wilayah itu. Tidak ada korban jiwa. Demikian dilaporkan kantor berita Associated Press.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab, namun dugaan segera berpusat pada pendukung kelompok ISIS, yang melawan Hamas dan kelompok-kelompok Islam lainnya di jalur Gaza.

Hamas baru saja melancarkan tindakan keras terhadap orang-orang yang diduga mendukung ISIS. Saksi mata mengatakan gambar bendera ISIS tampak baru saja dicat di lokasi ledakan itu.

Kendaraan-kendaraan hangus terbakar diparkir di luar rumah pejabat lokal di kompleks Sheikh Radwan di kota Gaza. Saksi mata Khader Mahmoud mengatakan ledakan-ledakan itu terjadi selang beberapa detik setelah pukul 6 pagi.

Ayman Sahabani dari rumah sakit Shifa di kota Gaza mengatakan ledakan mengakibatkan seorang perempuan muda dan seorang laki-laki cedera ringan.

Kementerian Dalam Negeri Hamas mengatakan penyelidikan sedang dilakukan.

Ekstrimis di Gaza yang terinspirasi kelompok ISIS telah menyerang kubu-kubu Hamas pada masa lalu dan juga menembakkan roket ke Israel dalam upaya melemahkan Hamas dengan melanggar gencatan senjata antara Israel dan Hamas menyusul perang tahun lalu. Para ekstremis yakin Hamas bersikap lemah terhadap Israel dan gagal menegakkan pemerintahan Islam di wilayah itu. (zb/al)

XS
SM
MD
LG