Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom Tewaskan 16 Orang di Baghdad


Petugas membersihkan lokasi pemboman bunuh diri di Baghdad (7/2). (AP/Karim Kadim)

Petugas membersihkan lokasi pemboman bunuh diri di Baghdad (7/2). (AP/Karim Kadim)

Dua aksi pemboman, satu di antaranya serangan bom bunuh diri, menewaskan paling sedikit 16 orang di ibukota Irak dan sekitarnya, Senin (9/2).

Polisi mengatakan, dua aksi pemboman menewaskan paling sedikit 16 orang di ibukota Irak dan sekitarnya, termasuk sebuah serangan bunuh diri di sebuah perkampungan Syiah di Baghdad.

Ledakan pagi hari di daerah Kadhamiya, Baghdad itu, menewaskan paling sedikit 14 orang dan melukai 30 lainnya. Di kawasan itu, terdapat salah satu masjid paling suci kaum Syiah.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab, tetapi pemboman demikian sering dilakukan militan Sunni terhadap kaum Syiah.

Bom kedua meledak di pinggir kota Husseiniyah sebelah utara, membunuh paling sedikit dua orang. Insiden maut itu menyusul serangkaian ledakan hari Minggu yang menewaskan paling sedikit 37 orang, beberapa jam setelah diakhirinya jam malam yang diberlakukan selama 10 tahun.

Menurut data PBB, Irak telah menyaksikan peningkatan besar kekerasan sejak tahun 2013, ketika hampir 9 ribu warga sipil dan pasukan keamanan Irak tewas. Tahun lalu jauh lebih buruk, ketika kira-kira 15.500 orang tewas. Pembunuhan tidak melamban bulan Januari, ketika PBB melaporkan 1.570 orang tewas. Data itu mencakup 585 tentara Irak, yang dengan dukungan latihan dan serangan udara koalisi pimpinan Amerika, bertempur untuk menghentikan kelompok ISIS yang telah merebut daerah luas negara itu tahun lalu.

XS
SM
MD
LG