Tautan-tautan Akses

Pembocor Dokumen Panama Sebut Kesenjangan Pendapatan Sebagai Motifnya


Sumber anonim di belakang Dokumen Panama mengeluarkan pernyataan berjudul "The Revolution Will Be Digitized (Revolusi akan Dijadikan Bentuk Digital)."

Sumber anonim di belakang Dokumen Panama mengeluarkan pernyataan berjudul "The Revolution Will Be Digitized (Revolusi akan Dijadikan Bentuk Digital)."

Sang sumber mengatakan perlunya pemerintah berbuat lebih banyak untuk mengatasi masalah tersebut.

Sumber yang tidak menyebut namanya yang mendalangi pembocoran Panama Papers atau Dokumen Panama mengatakan “ketidaksetaraan pendapatan adalah satu masalah utama zaman sekarang,” dan menyebut perlunya pemerintah berbuat lebih banyak untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa hari sebelum informasi itu diungkapkan kepada umum, sumber tersebut mengeluarkan pernyataan sepanjang 1.800 kata kepada surat kabar Jerman Suddeutsche Zeitung dan Konsorsium Wartawan Investigasi Internasional (ICIJ) yang memberi alasan atau motif pembocoran itu.

“Bank-bank, pihak berwenang keuangan dan perpajakan telah gagal. Keputusan telah diambil untuk membiarkan golongan kaya sementara sebaliknya memusatkan perhatian untuk mengendalikan warga golongan menengah dan yang berpenghasilan rendah,” tulis sumber itu.

Pada awal April, organisasi-organisasi media menulis tentang pembocoran terbesar dalam sejarah data perusahaaan rahasia di luar negeri itu. Panama Papers itu berisi 11,5 juta dokumen milik kantor pengacara Mossack Fonseca di Panama menunjukkan bagaimana kantor itu membantu sebagian orang kaya mendirikan perusahaan di luar negeri, yang sering digunakan untuk menyembunyikan harta dan menghindarkan pajak dan sanksi. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG