Tautan-tautan Akses

Pembangkang China Xu Zhiyong akan Divonis Hari Minggu


Polisi berjaga-jaga di depan gedung pengadilan di Beijing tempat persidangan aktivis HAM China, Xu Zhiyong pada 22 Januari 2014.

Polisi berjaga-jaga di depan gedung pengadilan di Beijing tempat persidangan aktivis HAM China, Xu Zhiyong pada 22 Januari 2014.

Pengacara pembangkang China, Xu Zhiyong, yang diadili Rabu, mengatakan vonisnya akan diumumkan Minggu pagi.

Xu didakwa “mengumpulkan massa untuk mengganggu ketertiban umum.” Dia tidak membela dirinya dalam perkaranya. Jika terbukti bersalah, dia diancam dengan hukuman lima tahun penjara.

Pengacaranya, Zhang Qingfang, memberitahu VOA dia tidak meragukan apa vonisnya nanti.

“Mengingat putusan itu akan diumumkan begitu cepat setelah sidang tersebut, dan mereka telah mengabaikan proses hukum yang seharusnya, putusannya pasti bersalah dan hukumannya tidak akan ringan. Kemungkinan besar lima tahun penjara,” kata Zhang Qingfang

Xu, seorang akademisi hukum usia 40 tahun, mendirikan organisasi akar rumput Gerakan Rakyat Baru, yang mendukung demokrasi dan supremasi hukum dan bertujuan memojokkan pejabat-pejabat korup.

Tujuh anggota Gerakan Rakyat Baru disidang pekan ini dan pekan depan. Tiga lainnya sudah diadili bulan Desember, namun vonisnya belum diumumkan.
XS
SM
MD
LG