Tautan-tautan Akses

Pembinaan Olahraga Tiongkok Dipertanyakan setelah Kemenangan Li Na


Li Na berpose di depan menara Eiffel setelah menjuarai kejuaraan grand slam Perancis terbuka dengan menundukkan petenis Italia Francesca Schiavone (6/6). Li Na meninggalkan sistim pembinaan olahraga Tiongkok sejak tahun 2008.

Li Na berpose di depan menara Eiffel setelah menjuarai kejuaraan grand slam Perancis terbuka dengan menundukkan petenis Italia Francesca Schiavone (6/6). Li Na meninggalkan sistim pembinaan olahraga Tiongkok sejak tahun 2008.

Menurut sistim olah raga yang dijalankan pemerintah Tiongkok, anak-anak sejak usia dini dilatih ketat dalam bidang olahraga tertentu.

Ketika Li Na memenangkan Perancis Terbuka yang disiarkan langsung melalui televisi, para penyiar olah raga di Tiongkok melampiaskan kegembiraan luar biasa dalam siaran larut malam. Foto Li Na menghiasi halaman depan sebagian besar surat kabar Tiongkok hari Minggu, dan hari Senin diskusi berubah dengan menganalisis latihan yang membawanya ke kemenangan.

Pelatih tenis Wang Jun, yang menyelenggarakan kompetisi liga tenis di Beijing dan mengelola situs Internet khusus untuk tenis, mengatakan ia telah melihat banyak komentar di internet yang mengatakan Li hanya mampu memenangkan turnamen tenis besar setelah ia meninggalkan sistim olah raga yang dijalankan pemerintah tahun 2008. Dia mengatakan tuduhan demikian tidak adil.

Menurut sistim olah raga yang dijalankan pemerintah Tiongkok, anak-anak diidentifikasi sejak usia muda untuk potensi atletik mereka, dan dilatih ketat dalam bidang olahraga tertentu.

Pada akhir tahun 2008, Li dan beberapa pemain tenis lain di Tiongkok menandatangani perjanjian dengan pihak berwenang Tiongkok di mana mereka secara bebas boleh memilih pelatih mereka dan memutuskan pertandingan mana yang ingin mereka ikuti. Hasil penting dari perjanjian itu adalah para pemain mendapat bagian lebih besar dari hasil kemenangan mereka dibanding sebelumnya.

Li menambah harapan Tiongkok ketika ia menjadi pemain Tiongkok pertama yang mencapai pertandingan final tenis Grand Slam Australia Terbuka Januari lalu.

Dalam pertemuan dengan para wartawan setelah memenangkan turnamen Grand Slam Prancis, Li mengatakan ia tidak berencana kembali ke Tiongkok sampai setelah berlaga di Wimbledon, yang akan berlangsung di London akhir bulan ini.



XS
SM
MD
LG