Tautan-tautan Akses

Pembicaraan tentang Suriah Dimulai, PBB Imbau Gencatan Senjata


Utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura (Foto: dok).

Utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura (Foto: dok).

Utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura akan bertemu dengan wakil-wakil pemerintah sebelum kembali berbicara dengan delegasi oposisi.

Utusan PBB Staffan de Mistura, Selasa (2/2) bertemu di Jenewa dengan para wakil pemerintah Suriah setelah menyatakan dimulainya pembicaraan damai tidak langsung dan meminta negara-negara kuat dunia memenuhi janji masing-masing untuk membantu tercapainya gencatan senjata menyusul pembicaraan itu.

Proses itu merupakan bagian dari jalur yang lamban tetapi bertahap untuk mencapai perundingan langsung antara kedua pihak, penghentian pertempuran secara permanen dan tujuan mencapai transisi politik dengan pemilu baru beberapa bulan kemudian.

Untuk sementara, De Mistura akan bertemu dengan wakil-wakil pemerintah sebelum kembali berbicara dengan delegasi oposisi.

Hari Senin (1/2) dia mengeluarkan imbauan terhadap Kelompok Pendukung Suriah yang mencakup Amerika Serikat, Rusia, Iran, Arab Saudi, Turki dan lain-lain, dan mengingatkan negara-negara itu tentang upaya memastikan terjadinya pembicaraan gencatan senjata akan bertepatan dengan dimulainya negosiasi tersebut. [lt]

XS
SM
MD
LG