Tautan-tautan Akses

Pembicaraan soal Rencana Penghematan Yunani Macet


PM Yunani Antonis Samaras (kanan) saat menerima kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel di Athena (9/10). Perundingan Yunani dengan kreditor internasional masih macet.

PM Yunani Antonis Samaras (kanan) saat menerima kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel di Athena (9/10). Perundingan Yunani dengan kreditor internasional masih macet.

Para pejabat Yunani masih berunding dengan wakil-wakil IMF, Bank Sentral Eropa dan Uni Eropa, namun kemungkinan tidak akan mencapai kesepakatan sebelum KTT di Brussels.

Pemerintah Yunani menyatakan perundingan dengan para kreditor internaisonal mengenai rencana penghematan terbaru negara itu kemungkinan besar tidak akan selesai sebelum KTT Uni Eropa pekan ini.

Menteri Keuangan Yunani, Yannis Stournaras hari Senin mengatakan, para pejabat Yunani masih berunding dengan wakil-wakil Dana Moneter Internasional, Bank Sentral Eropa dan Uni Eropa. Tetapi ia mengatakan bahwa menurutnya tidak akan tercapai kesepakatan sebelum KTT dua hari di Brussels, Belgia yang akan dimulai hari Kamis minggu ini.

Para kreditor Yunani menuntut agar negara itu memangkas pengeluaran 17 miliar dolar selama dua tahun mendatang sebelum mereka mencairkan dana talangan ke-dua dalam dua tahun untuk Yunani. Athena menyatakan memerlukan uang tersebut sebelum kehabisan dana bulan depan, agar dapat memenuhi kewajiban-kewajiban finansialnya.

Sementara itu, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan krisis keuangan Yunani tidak akan mengarah ke perkembangan yang tak terkendali di blok mata uang euro yang beranggota 17 negara itu. Tetapi ia mengatakan bahwa pemerintah Yunani masih memiliki banyak tugas untuk mengatasi masalah-masalahnya.
XS
SM
MD
LG