Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Pemerintah Afghanistan dan Taliban Masih Tingkat Rendah


Pejabat tinggi Amerika urusan Afghanistan, Richard Holbrooke.

Pejabat tinggi Amerika urusan Afghanistan, Richard Holbrooke.

Pejabat AS Richard Hoolbrooke mengatakan tidak ada indikasi saat ini bahwa Taliban berminat akan perdamaian melalui perundingan.

Pejabat tinggi Amerika urusan Afghanistan mengatakan hari Jumat belum ada pembicaraan antara pejabat Afghanistan dan para panglima Taliban.

Richard Holbrooke mengatakan walaupun media baru-baru ini melaporkan adanya perundingan tingkat tinggi, kenyataan yang sebenarnya tidak sehebat itu.

Hoolbrooke mengatakan tidak ada indikasi saat ini bahwa para pemimpin Taliban berminat akan perdamaian melalui perundingan. Ia mengatakan sudah ada peningkatan jumlah lasykar yang bersekutu dengan Taliban yang berusaha berdialog karena mereka sudah capek bertempur.

Panglima pasukan Amerika dan NATO di Afghanistan, Jenderal David Petraeus, mengatakan kepada VOA hari Jumat bahwa ada berbagai macam usaha berdialog dari berbagai pemimpin Taliban. Dan sebelumnya bulan ini, Petraeus mengatakan pasukan koalisi telah mengizinkan beberapa tokoh Taliban untuk berlalu dengan aman guna melakukan pembicaraan dengan pemerintah Afghanistan.

Taliban telah membantah adanya orang yang mewakili mereka dalam pembicaraan. Militan itu telah menuntut semua pasukan internasional meninggalkan Afghanistan sebelum perundingan perdamaian dapat dimulai.

XS
SM
MD
LG