Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Nuklir Iran Tunjukkan Kemajuan


Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton (kiri) dan Menlu Iran Javad Zarif melakukan pertemuan di Jenewa, Kamis (7/11).
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton (kiri) dan Menlu Iran Javad Zarif melakukan pertemuan di Jenewa, Kamis (7/11).

Delegasi lengkap dari Iran dan kelima anggota tetap DK PBB beserta Jerman dan Uni Eropa bertemu selama 45 menit di Jenewa, Swiss hari Kamis (7/11).

Para perunding dari Iran dan enam negara kuat dunia bertemu di Jenewa hari Kamis (7/11) dalam usaha terbaru mereka untuk menyelesaikan kebuntuan mengenai program nuklir Iran yang telah berlangsung satu dekade.

Rangkaian pembicaraan itu dimulai dengan apa yang digambarkan sebagai pertemuan yang baik dalam acara sarapan pagi antara Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, yang memimpin tim PBB.

Delegasi lengkap dari Iran, lima anggota tetap Dewan Keamanan, Jerman dan Uni Eropa kemudian bertemu selama 45 menit. Pertemuan-pertemuan dalam kelompok kecil kemudian berlangsung sepanjang hari.

Reuters melaporkan, Zarif mengatakan pembicaraannya dengan Ashton berlangsung baik. Ia berharap, akan mencapai kemajuan meskipun sulit.

Seorang jurubicara Uni Eropa mengatakan, pembicaraan itu kini memasuki tahap serius.
XS
SM
MD
LG