Tautan-tautan Akses

Perundingan Nuklir Iran Kembali Bergulir di Jenewa


Para perunding internasional dari Iran dan negara-negara kuat dunia bertemu untuk hari kedua di Jenewa Kamis (21/11).

Para perunding internasional dari Iran dan negara-negara kuat dunia bertemu untuk hari kedua di Jenewa Kamis (21/11).

Para perunding internasional dari Iran dan negara-negara kuat dunia bertemu untuk hari kedua di Jenewa Kamis (21/11), untuk membahas isu yang sangat substansial.

Para perunding internasional dari tujuh negara melanjutkan upaya-upaya menuntaskan perjanjian sementara untuk membatasi program nuklir Iran dengan imbalan pelonggaran sanksi-sanksi.

Seorang juru bicara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton mengatakan bahwa putaran pertama pembicaraan hari Kamis (21/11) dengan menteri luar negeri Iran sangat substansial. Pernyataan itu muncul sementara para perunding internasional dari Iran dan negara-negara kuat dunia bertemu untuk hari kedua di Jenewa.

Juru bicara Ashton, Michael Mann mengatakan, Ashton dan Javad Zarif bertemu untuk membahas rincian pada pertemuan pagi hari, dan dijadwalkan bertemu lagi kemudian.
Ashton mewakili kelompok enam negara kuat dunia yang mencakup Amerika Serikat, Inggris, Perancis, China, Rusia dan Jerman.

Mereka menginginkan suatu kesepakatan sementara yang menghendaki Iran menghentikan sebagian kegiatan pengayaan uraniumnya dan mengizinkan lebih banyak inspeksi dengan imbalan pelonggaran sanksi-sanksi secara terbatas.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan pada hari Kamis bahwa Iran tidak akan menghentikan kegiatan pengayaannya sebagai bagian dari kesepakatan apapun. Ia juga mengatakan perundingan yang serius tidak dapat dilakukan sebelum pulihnya kepercayaan antara kedua pihak.

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius mengatakan dalam wawancara dengan stasiun televisi hari Kamis bahwa ia berharap kesepakatan itu dapat dicapai, tetapi kesepakatan itu harus tegas dan konkret.
XS
SM
MD
LG