Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Nuklir Iran Berakhir dengan “Solusi”


Wakil Ketua Perunding Nuklir Iran, Abbas Araqci (foto:dok).

Wakil Ketua Perunding Nuklir Iran, Abbas Araqci (foto:dok).

Wakil Ketua Perunding Nuklir Iran, Abbas Araqci, mengatakan pembicaraan dengan Kelompok 5+1 mengenai program nuklir Iran telah berakhir dengan penyelesaian dalam semua hal yang dipertentangkan.

Abbas Araqci mengatakan hal ini kepada televisi pemerintah Iran hari Jumat, setelah pembicaraan dua hari di Jenewa dengan wakil-wakil Uni Eropa dan Amerika Serikat. Tetapi Araqci mengemukakan bahwa penyelesaian itu masih harus diratifikasi oleh pemerintah Iran dan Kelompok 5+1 yaitu Amerika, Rusia, China, Perancis, Inggris dan Jerman, sebelum menjadi penyelesaian akhir.

Sebelum pembicaraan, Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif menyatakan optimismenya, negaranya akan melaksanakan persetujuan yang dicapai dengan Kelompok 5+1 penghujung bulan November.

Dia juga memuji beberapa babak pembicaraan tingkat ahli antara Iran dan Kelompok 5+1. Menurut Zarif, pembicaraan tentang rincian mengekang program nuklir Iran itu sebagai imbalan bagi pelonggaran terbatas atas sanksi yang dikenakan terhadap Iran juga “mencapai hasil positif”.

XS
SM
MD
LG