Tautan-tautan Akses

Negosiasi Nuklir Iran Mulai Februari


Suasana di sekitar PLTN Arak, 190 kilometer barat daya Teheran, 15 Januari 2011(Foto: dok).

Suasana di sekitar PLTN Arak, 190 kilometer barat daya Teheran, 15 Januari 2011(Foto: dok).

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pembicaraan nuklir dengan Iran diperkirakan akan diadakan di New York mulai pertengahan Februari mendatang.

Pemerintah Amerika Serikat mengatakan negara-negara kuat dunia akan memulai tahap baru pembicaraan dengan Iran bulan depan mengenai pencapaian perjanjian nuklir jangka panjang.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pembicaraan itu kemungkinan akan dimulai pertengahan Februari dan akan diadakan di New York.

Dia mengatakan Iran dan Uni Eropa telah setuju mengadakan pembicaraan di Amerika Serikat, bukan di Jenewa, tempat babak pembicaraan terakhir diadakan. Dia mengatakan New York dipilih karena kota itu mempunyai struktur pendukung internasional yang sama dengan Jenewa.

Babak perundingan yang terakhir menghasilkan persetujuan sementara dimana Iran setuju menghentikan pengolahan uranium yang dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir. Sebagai imbalan, Amerika dan Uni Eropa melonggarkan beberapa sanksi terhadap Iran.

Persetujuan itu akan berlaku enam bulan sementara pembicaraan diteruskan mengenai persetujuan permanen.
XS
SM
MD
LG