Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Konferensi Perubahan Iklim Berlanjut


Delegasi menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB di Lima, Peru, 13 Desember 2014.
Delegasi menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB di Lima, Peru, 13 Desember 2014.

Pembicaraan dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB di Peru memasuki hari ke-14, bertujuan melanjutkan perjanjian iklim global yang baru.

Konferensi dijadwalkan berakhir Jumat (12/12), namun pembicaraan dilanjutkan Minggu (14/12) pagi setelah negara-negara berkembang menolak rancangan perjanjian yang mereka katakan, mengijinkan negara-negara kaya mengelak tanggung jawab mereka memerangi pemanasan global dan membayar dampak-dampaknya.

Utusan Amerika untuk perubahan iklim,Todd Stern memperingatkan kepada para delegasi akan adanya jalan buntu hari Sabtu, gagal mencapai suatu kompromi langsung pada ketentuan-ketentuan pencemarankarbon yang akan menutup kesempatanbagi perjanjian global tahun depan di Paris.

Negara-negara yang menolak, dipimpin China mengatakan, rancangan perjanjian itu membebani perekonomian negara-negara berkembang untuk membatasi emisi gas rumah kaca, dibanding negara-negara maju yang dianggap lebih bertanggung jawab terhadap polusi dunia.

Negara-negara berkembang lain, termasuk negara-negara kepulauan, menyalahkan naskah rancangan perjanjian yang tidak mencantumkan kompensasi terhadap bencana badai dan naiknya permukaan air laut.

XS
SM
MD
LG