Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Damai Pimpinan PBB bagi Yaman Diragukan


Peta wilayah Yman dan ibukotanya, Sana'a

Peta wilayah Yman dan ibukotanya, Sana'a

Presiden Yaman Abdu Rabu Mansour Hadi, yang melarikan diri ke Arab Saudi dua bulan lalu, menuntut agar pemberontak Houthi mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sebuah konferensi perdamaian yang ditengahi PBB untuk Yaman yang dijadwalkan berlangsung menjelang akhir pekan ini, tampaknya diragukan, hari Senin, dengan para pejabat Yaman mengatakan, pembicaraan tersebut telah ditunda. Namun, belum ada konfirmasi dari PBB bahwa pertemuan hari Kamis tersebut akan ditunda.

Presiden Yaman Abdu Rabu Mansour Hadi, yang melarikan diri ke Arab Saudi dua bulan lalu, menuntut agar pemberontak Houthi mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB dan mundur dari wilayah yang telah mereka rebut, sebelum pembicaraan dapat berlangsung. Para pejabat Yaman, hari Senin, mengutip butir-butir tuntutan tersebut dan menggambarkan, konferensi itu telah ditunda tanpa batas waktu.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengumumkan perundingan itu pekan lalu, mendesak kedua belah pihak untuk berpartisipasi tanpa prasyarat apapun dan mulai menggarap sebuahresolusi politik guna mengatasi krisis di negara itu.

XS
SM
MD
LG