Tautan-tautan Akses

Pemberontak Tinggalkan Kota yang Direbut di Kongo Timur


Seorang tentara pemerintah Kongo berdiri di dekat truk PBB di kota Kibati, provinsi Goma (foto: dok). PBB berjanji ikut melindungi Goma dari pemberontak.

Seorang tentara pemerintah Kongo berdiri di dekat truk PBB di kota Kibati, provinsi Goma (foto: dok). PBB berjanji ikut melindungi Goma dari pemberontak.

Gerakan pemberontak M23 meninggalkan Rutshuru dan kota-kota lain di provinsi Kivu Utara hari Senin, dan menyerahkannya kepada polisi.

Para pemberontak di Republik Demokratik Kongo diberitakan akan mundur dari beberapa kota yang mereka rebut di bagian timur, dekat perbatasan dengan Uganda dan Rwanda.
Penyiar Radio Okapi mengutip sumber-sumber lokal yang mengatakan gerakan pemberontak M23 meninggalkan Rutshuru dan kota-kota lain di provinsi Kivu Utara hari Senin, dan menyerahkannya kepada polisi.

Pemberontak merebut Rutshuru tanpa pertempuran hari Minggu, dan merebut wilayah-wilayah lain akhir pekan lalu setelah pertempuran hebat dengan pasukan pemerintah Kongo.

Misi PBB di Kongo telah bertekad akan melindungi ibukota provinsi itu, Goma, jika M23 berupaya merebut kota itu.

Para pemimpin M23 telah meminta pemerintah agar menghormati perjanjian perdamaian yang mengakhiri pemberontakan tahun 2008 dan 2009.

Banyak pemberontak bergabung dengan militer sebagai bagian dari perjanjian tersebut tetapi kemudian memberontak lagi tahun ini, karena mengeluhkan buruknya perlakuan yang mereka terima.

Mereka diduga setia kepada Bosco Ntaganda, seorang tokoh milisi yang diburu Mahkamah Kejahatan Internasional atas tuduhan-tuduhan kejahatan perang.
XS
SM
MD
LG